SEMINAR PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN KESEHATAN OLEH DOSEN BESAR QI GUO LI

Jumat, 24 Juni 2011
Pesan PBB : Janganlah Anda meninggal karena "ketidaktahuan", sekarang ini banyak orang meninggal karena "ketidaktahuan" tentang perawatan kesehatan diri.

Setelah menetap 6 tahun di Amerika, tahun lalu saya kembali dari Amerika. Akhir ini, Beijing mengumumkan hasil penelitian terhadap kesehatan penduduknya, ternyata Beijing mendapat 2 gelar juara yaitu : penderita darah tertinggi dan lemak darah tertinggi. Hal ini mendapat perhatian khusus dari Balaikota dan memerintahkan agar semua divisi harus selalu mendapat pengetahuan perawatan kesehatan terbaru dan saya bertugas memberikan pengetahuan ini kepada Anda dalam seminar ini.

PBB memuji Negara Jepang, karena rakyatnya berumur paling panjang, yaitu wanita rata-rata berumur 87,6 tahun. Di Jepang berlaku peraturan, bahwa setiap bulan penduduknya wajib menghadiri seminar perawatan kesehatan, bila tidak hadir maka harus hadir di seminar berikutnya. Penduduk kita kebanyakan tidak mengetahui cara perawatan kesehatan, hanya sekedar hidup apa adanya, ini adalah masalah besar. Saya telah bekerja di rumah sakit selama 40 tahun, melihat kebanyakan orang saat meninggal karena penyakit adalah sangat menderita. Tujuan kehadiran saya di sini sangatlah jelas, yaitu bertugas memberitahukan kepada Anda semua agar memperhatikan perawatan kesehatan.
Saat saya menghadiri HUT ke 100 Jenderal Zhang Sie Liang di New York, saya mendapat pelajaran yang sangat mengesankan, kami semua sangat kaget saat menemui beliau, "Jenderal, mengapa Anda dapat hidup sepanjang ini"? Beliau menjawab dengan sangat jelas : "Bukan saya yang dapat hidup sepanjang ini, melainkan mereka hidupnya terlalu pendek", artinya adalah bahwa umur Anda sangat pendek, mengapa menganggap saya berumur panjang ? saya masih ingat dengan sangat jelas kejadian itu sampai sekarang. Kita ini sebenarnya sangat ceroboh, karena sama sekali tidak mengerti tentang perawatan kesehatan, dengan demikian, pasti kita tidak dapat mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan baik dan prima, karena kita setiap hari hidup dalam kondisi tidak sehat. Saya banyak melihat orang yang dapat hidup sampai ratusan tahun ke aatas, mengapa kita tidak bisa ? saya sangat heran, bahwa banyak orang hanya sekedar hidup saja, pikiran ini sangatlah berbahaya.

Pada saat rapat Victoria Int'1 diumumkan 3 hal utama yang harus diperhatikan :
Pertama : Keseimbangan Minuman & Makanan
Kedua : Olah Raga Oksigen
Ketiga : Kondisi Psikologi/batin

Ketiga faktor ini tidak pernah berubah, akan tetapi isinya selalu berubah. Sepengetahuan saya, di Inggris ada seorang yang bernama Richard tahun ini berusia 209 tahun telah mengalami penggantian 12 kerajaan, bila tidak percaya saya boleh beri Anda nomor teleponnya dan di Rumania ada seorang nenek berumur 104 tahun, sangat mengherankan pada usianya yang ke 92 masih dapat melahirkan seorang bayi yang sehat.

I. KESEIMBANGAN MINUMAN DAN MAKANAN

Minuman
Pada saat mengajar di Universitas Beijing, saya bertanya kepada mahasiswa/wi : "Minuman apa yang terbaik"? seluruh mahasiswa/wi serentak menjawab "Coca Cola", Amerika sendiri tidak mengakui ini demikian juga Internasional, Coca Cola hanya dapat melepaskan dahaga, sama sekali tidakk berfungsi untuk perawatan kesehatan. Kita semua harus mengerti apa yang dimaksud makanan minuman perawatan kesehatan, yaitu yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit. Sampai saat ini sebagian besar orang masih belum mengerti apa yang disebut makanan minuman kesehatan.

Dalam pertemuan Internasional telah ditetapkan 6 jenis makanan minuman kesehatan : 1. Teh hijau, 2. Arak Anggur merah, 3. Susu Kacang, 4. Susu Masam (Yoghut)perhatikan mereka tidak menyebutkan susu, 5. Sup Tulang, 6. Sup Jamur.

Ad. 1. Teh Hijau
a. Mengandung zat antioksidan yang dapat mencegah kanker, menurut hasil penelitian di Jepang, bahwa orang yang berumur 40 tahun ke atas, tidak seorangpun yang tidak bersel kanker, mengapa ada yang kena kanker, ada yang tidak, ini ada hubungannya dengan the hijau dan makanan, bila setiap hari kita minum 4 gelas, maka sel kanker tersebut tidak membelah, bila membelah juga menunda 9 tahun kemudian, maka di Jepang murid SD setiap pagi meminum 1 gelas the hijau. Zat anti kanker ini paling banyak terdapat dalam teh hijau.

b. Mengandung unsur yang dapat menguatkan gigi, membunuh bakteri gigi, harus diketahui bahwa 3 menit setelah makan, gigi kita akan tumbuh bakteri, bila kumur mulut dengan air the hijau maka dapat membunuh bakteri mulut, sehingga sampai tua gigi masih tetap kuat, gigi kuat berarti panjang umur, banyak orang mengabaikan hal ini.

c. Mengandung zat yang dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah otak, sehingga pembuluh darah tidak mudah pecah, bila seorang sedang marah.naik darah pembuluh otak mudah pecah. Di Jepang sangat popular "Mandi The Hijau Hangat", sekarang di daratan kita, berfungsi untuk anti infeksi dan bakteri, meningkatkan kondisi tubuh, menurunkan panas, mengobati luka kulit akibat sengatan matahari, memutihkan kulit.

Ad. 2. Arak Anggur Merah
Mengandung zat yang mencegah penuaan, anti oksidasi serta menurunkan tekanan darah dan lemak darah. Orang yang minum arak ini tidak mudah terserang penyakit jantung, mencegah terjadinya jantung berhenti berdetak mendadak. Siapa yang mudah menderita jantung berhenti mendadak ? 1. Penderita penyakit jantung, 2. Penderita darah tinggi, 3. Menelan makanan yang terlalu besar, terlalu keras, terlalu lengket, terlalu panas, 4. Lemak darah tinggi.

1/2% dari penderita lemak darah tinggi sangat mudah mengalami jantung berhenti berdetak mendadak. Cara konsumsi arak : arak anggur merah tidak melebihi 50-100 cc per hari, arak putih tidak melebihi 5-10 cc per hari, bir tidak melebihi 300 cc per hari. Bila tidak biasa minum arak anggur merah, makan anggur merah tanpa membuang kulit mempunyai khasiat yang sama. Ingat ! Anggur warna lain tidak mengandung zat ini, maka jangan sia-siakan uang Anda.

Ad. 3. Susu Kacang
Apa yang dimaksud makanan Piramid Asia ? yaitu padi-padian, kacang-kacangan, sayur mayor. Pada suatu seminar di San Fransisco, para dokter mengutarakan 3 jenis makanan ini sangat baik, yaitu padi-padian, kacangan-kacangan, sayur mayor, para dokter asing tersebut menyebutkan, eh ! sekarang orang Tionghoa tidak makan ini, malah makan hamburger kami. Coba lihatlah banyak anak-anak dan pemuda-pemudi di sini sering mengkonsumsi ini karena setelah makan harus menghabiskan uang mengikuti program diet lagi. Kita ini tidak mengetahuinya, setiap hari konsumsi, terlebih-lebih generasi kedua kita, sepertinya bila tidak ada McDonalds tidak dapat hidup lagi, kita harus sadar bahwa ini adalah makanan extreme, tidak sesuai kebiasaan makan kita. Saya salut dengan McDonalds, setahun dapat memboyong 2 milyar lebih uang kita (mata uang Tionkok). Para Orang tua bila mencintai anak-anak Anda dan diri sendiri, harus waspada tentang makanan.

PADI-PADIAN
a. Jagung
Dalam seminar-seminar Internasional tidak pernah menyebutkan, beras, terigu, McDonalds. Yang pertama disinggung selalu jagung yang dijuluki "Makanan Mas". Menurut penelitian ilmuwan kedokteran, menemukan bahwa pribumi Amerika, orang Indian tidak seorangpun menderita darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah, karena selalu makan jagung. Kemudian menemukan jagung banyak mengandung zat-zat yang dapat mencegah darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah. Sejak itu, penduduk Amerika, Benua Amerika, Benua Afrika, Benua Eropa, Jepang, Hongkong, Guandong pagi hari konsumsi bubur jagung. Selama di Amerika saya bertahan minum bubur jagung setiap hari, sekarang saya sudah berumur 70 tahun lebih, badan sehat, penuh semangat, suara kuat tinggi, Oi/energi kuat, muka licin tidak berkerut. Ini adalah khasiat minum bubur jagung, bila tidak percaya, Anda boleh tetap minum susu, saya minum bubur jagung, lihat umur siapa yang lebih panjang ?

b. gandum
Menurunkan tekanan darah, lemak darah, gula darah. Saya bertanya kepada Mahasiswa Universitas Beijing apa itu gandum ? Mereka tidak tahu, hanya tahu hamburger. Gandum mengandung 18 % serat, konsumsi gandum tidak menderita kanker usus, pasien yang banyak duduk di kantor 20 % menderita kanker usus.

c. Umbi-umbian
Ubi putih, ubi merah, bid, kentang, makanan ini dianjurkan dalam seminar-seminar Internasional, bersifat menyerap air, melicinkan usus tidak terserang kanker usus, menyerap lemak dan gula tidak terserang kencing manis, menyerap racun tidak menderita infeksi lambung dan usus.

d. Havermout
Havermout menurunkan lemak darah, darah tinggi dan trigliserida.

e. Sekoi/jawawut
Berfungsi menghilangkan sembab, menguatkan limpa, menenangkan, nyenyak tidur. Sekarang ini banyak orang menderita stress, tidak dapat tidur, penyakit syaraf, selalu makan obat penenang, ada orang makan sampai 8 butir per hari tetap tidak dapat tidur. Koran "Harian Beijing" pernah memberitakan "obat penenang belum tentu dapat menenangkan". Saya nasihatkan jangan makan obat penenang, makanlah bubur sekoi, saya meneliti orang lansia di kampung-kampung, mereka tidak pernah mengenal apa itu "tidak bisa tidur", asal naik ke ranjang langsung tidur nyenyak, karena mereka selalu minum bubur sekoi. Sekarang ini setiap pagi saya minum 1 mangkok bubur jagung, badan selalu bersemangat, malam 1 mangkok bubur sekoi, enak tidur. Anda harus sadar. Pengobatan melalui makanan lebih baik daripada pengobatan melalui obat, ini adalah pelajaran dari Sin Se terkenal "Li Shi Zhen" pada zaman kuno, buku pengobatan karangan beliau yang terkenal tersebut "Ben Cau Gang Mu" semuanya adalah makanan. Ingat dalam 10 jenis obat 9 jenis adalah racun, saya tidak melarang makan obat, saya menganjurkan makan obat harus dengan cara "Singkat, Aman, Cepat". "Singkat", bermaksud makan obat dalam waktu yang singkat, "Aman", bermaksud makan obat yang baik/tidak ada efek sampingan, "Cepat", berarti cepat berhenti mengkonsumsi obat.

f. Kacang Kedelai
Sekarang ini Departemen Kesehatan menggerakkan "Rencana Gerakan Kacang Kedelai" dengan slogan "Satu Ikat Sayur, Satu Genggan Kacang, Sebutir Telur Ayam, Sedikit Daging", Kandungan protein dalam 50 gram kacang kedelai = protein 100 gr daging tidak berlemak = protein 150 gr telur =protein 200 gr beras. Amerika menetapkan tanggal 15 Agustus sebagai hari "To Fu", orang Amerika menganggap kacang kedelai adalah "Bunga Gizi", raja dari kacang-kacangan. Kacang Kedelai paling sedikit mengandung 5 jenis zat yang dapat mencegah kanker, terutama zat yang dapat mencegah kanker payudara dan usus, hanya kedelai yang mengandung zat ini. Antara susu sapid an susu kedelai mana yang lebih baik ? Dalam pertemuan PBB mengutarakan, bahwa 2/3 manusia di dunia tidak dapat menyerap gula susu dan 70 % bangsa kulit kuning Asia tidak dapat menyerap gula susu, sedangkan gula yang terkandung dalam kedelai disebut "Guatang", dapat diserap 100 % oleh tubuh. Selain itu, kedelai juga mengandung unsure kalium, kalsium, magnesium, kandungan kalsiumnya lebih banyak dari susu. Susu tidak mengandung zat anti kanker, tetapi kedelai mengandungnya. Saya tidak melarang minum susu, akan tetapi untuk mencegah kanker harus minum susu kedelai, ada orang berhenti minum susu diganti dengan minum susu kedelai, cara ini belum tentu baik, boleh konsumsi kedua jenis susu ini.

g. Sayur-sayuran
1. Wortel
Sayur untuk perawatan mata, orang yang tidak dapat melihat sesuatu di malam hari, akan sembuh dengan makan wortel, dapat melindungi selaput lender, orang yang jangka panjang konsumsi wortel tidak mudah terkena flu. Orang Amerika menganggap wortel adalah sayur kecantikan, dapat memelihara rambut, kulit, selaput lendir, memelihara keindahan dari dalam dan luar serta berfungsi sedikit anti kanker. Salah satu keunggulannya adalah walaupun dimasak dengan suhu tinggi tidak kehilangan/rusak gizinya.

2. Labu Merah/Waluh (Cucurbitamoschatta)
Dapat mengaktifkan sel vitamin, menghasilkan zat insulin, sering makan labu ini mencegah penyakit kencing manis.

3. Pare
Juga menghasilkan zat insulin yang mencegah penyakit kencing manis, orang yang sudah berumur harus sering mengkonsumsi labu merah dan pare.

4. Tomat
Mencegah kanker (kanker rahim, kandungan telur, kandung kemih, prostate). Bila dimakan mentah (tidak dimasak) tidak berfungsi anti kanker, harus dimasak dulu. Karena tomat mengandung zat tomat yang bersatu dengan protein, yang terbungkus dengan serat, sehingga susah keluar, maka harus dimasak terlebih dahulu. Telur masak tomat adalah makanan yang paling berharga, selain itu, sup tomat, dan sup tomat telur.

5. Bawang Bombay
Raja anti kanker, berfungsi anti kanker bila dimakan mentah, setelah dimasak tidak dapat berfungsi sebagai anti kanker lagi. Cara makan : bawang dipotong per kelopak-kelopak, biarkan di udara 15 menit untuk berbaur dengan oksigen/udara agar menghasilkan zat bawang, zat bawang inilah yang bersifat anti kanker. Untuk menghilangkan bau bawang dalam mulut setelah makan bawang Bombay mentah ini boleh makan sedikit shamzha, kacang, teh.

6. Jamur Hitam
Berfungsi mengencerkan darah, sehingga mencegah penyumbatan pembuluh jantung. Orang yang berbentuk badan pendek, kasar, gemuk, terutama perempuan saat menopause, apalagi berdarah golongan AB, sangat mudah mengalami kadar kekentalan darah tinggi serta orang yang berleher makin pendek makin mudah mengalami hal ini. Untuk menghindari kadar kekentalan darah yang tinggi : 1. Jangan rakus makan, 2. Minum the yang baik dapat menggerakkan darah membuyarkan bekuan darah, 3. Jangan emosi/marah, karena saat emosi, kadar kekentalan darah meningkat, demikian juga bila minum arak putih, bila makan kacang, kupas dan buanglah selaput kulit, orang lansia lebih baik jangan makan kacang. Bila terus-menerus sepanjang hari duduk di depan TV, terlalu banyak duduk, juga meningkatkan kadar kekentalan darah.

7. Serbuk Sari Bunga
Intisari bunga adalah bagian yang terbaik dari tumbuh-tumbuhan, dapat memelihara kehidupan, terkaya gizinya. Jangan beli serbuk sari yang belum diolah. Perlu diolah secara Hitech, harus disteril, karena serbuk sari adalah protein maka harus diolah untuk membuang sifat alerginya, setelah dijalankan proses ini, baru siap dikonsumsi. Menurut informasi bahwa daya penyembuhan dengan serbuk sari mencapai 97 %, kalau penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan serbuk sari, maka obat juga tidak berfungsi. Serbuk sari juga disebut polisi saluran usus, melancarkan pembuangan/pencaharan, memelihara keindahan muka, menjaga kestabilan dan keindahan bentuk tubuh.

Daging
Bila menghadiri pesta, tersedia makanan daging sapi dan babi, pilihlah babi (maaf tidak untuk umat Islam) karena sapi terlalu banyak masalah, pertama penyakit sapi gila, kedua wabah penyakit kuku kaki, ketiga mengandung koresterol yang tidak baik. Di Amerika ada tiga puluh ribuan wanita menderita tumor limpa, adalah karena makan hamburger, mereka berdebat dasyat akan hal ini dan telah membunuh puluhan ribu ekor sapi, kita harus hati-hati dalam hal makan. Bila tersedia daging babi dan kambing, pilih kambing, tersedia daging kambing dan ayam pilih ayam, tersedia daging ayam dan ikan pilih ikan, tersedia ikan dan udang pilih udang. Binatang yang makin kecil

Proteinnya makin tinggi. WHO menganjurkan banyak konsumsi daging ayam dan ikan, tidak disebutkan daging udang karena udang terlalu mahal dan susah didapat, bila tersedia udang masih lebih baik udang. Sekarang ini saya berpegang pada prinsip : bila ada udang maka saya makan 2 suap udang. Dua suap ini kandungan proteinnya lebih banyak dari daging sapi yang memenuhi lambung Anda. Protein daging ikan dalam 1 jam sudah dapat diserap 100 % oleh tubuh kita, sedangkan protein daging sapi memerlukan waktu 3 jam, orang tua yang badannya soal/lemah sangat cocok/baik konsumsi ikan. Udang pasti lebih baik daripada ikan. Konsumsi ikan dan udang ada ilmunya, makanlah udang dan ikan yang lebih kecil dan harus makan seluruhnya (kepala sampai ekor), karena mengandung zat aktif dan zat aktif ini berada di bagian kepala dan perut ikan/udang kecil, jadi bukan belanja ikan/udang lebih besar lebih baik.

Di sini diberitahukan juga cara makan yang benar, harus control kuantitas 70 % kenyang, maka seumur hidup tidak menderita maag, 80 % kenyang sudah terlalu banyak, bila makan 100 % kenyang, maka 20 % tersebut menjadi ampas, terbuang sia-sia.

Di sini dijelaskan tentang peraturan kestabilan konsumsi, bagi bayi umur 0-5 bulan paling baik minum ASI, setelah 5 bulan Asi sudah tidak dapat memenuhi keperluan, memerlukan lebih dari 42 jenis makanan.

Tahun 1962 penemuan sejenis rumput laur spiral menggemparkan dunia, mengapa ? karena 1 gr jenis rumput laut ini menyamai kombinasi 1000 gr dari berjenis-jenis sayur-sayuran, kandungan gizi paling kaya, paling lengkap, penyebaran gizinya yang paling stabil, terutama ini adalah makanan alkali, mengapa panjang umur penduduk Jepang menjadi juara dunia, mereka 1 tahun konsumsi 500 ton rumput laur spiral, bila mereka tour ke Tiongkok semua membawa serta rumput laut, menurut mereka dengan 8 gr rumput laut ini kita dapat bertahan hidup selama 40 hari, makanan angkasa zaman sekarang adalah rumput laut, bukanlah roti, pau dan lain sebagainya. Bila Anda kurang gizi jangan lupa rumput laut ini, karena dapat stabilkan makanan dan sangat penting untuk penderita penyakit : 1. Penyakit pembuluh darah jantung dan otak, menurunkan tekanan darah dan lemak darah; 2. Penyakit kencing manis. Penyakit ini disebabkan kekurangan protein , vitamin. Rumput laut dapat memberi protein dan keunggulan utamanya adalah agar penderita kencing manis tidak terserang penyakit komlikasi, dapat makan minum normal seperti orang biasa. Penderita kencing manis kurang energi dan tidak boleh konsumsi gula, rumput laut ini adalah gula kering, setelah dimakan menambah energi. Selain itu, kadar gula darah penderita kencing manis tidak stabil, dengan konsumsi rumput laut dapat perlahan-lahan menghentikan obat, dan perlahan-lahan berhenti konsumsi rumput laut dan akhirnya dengan cara control makanan dan minuman; 3. Penyakit radang maag, rumput laut mengandung zat hijau daun dapat memulihkan selaput lendir lambung; 4. Penyakit hepatitis, setiap keluarga, saat makan harus pisah makanan. Harus waspadai, banyak orang kelihatannya sehat-sehat saja, Anda tidak mengetahui bahwa ternyata dia adalah penderita hepatitis. Rumput laut dapat mencegah agar penyakit tersebut tidak berkembang biak, kandungan asam aminonya yang kaya dapat memulihkan sel hati dan kandungan alkali empedunya dapat memulihkan fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh, rumput laut spiral juga dapat mencegah radiasi yang sangat kuat, saat terjadi peledakan stasiun listrik nuklir di Rusia yang dibawa oleh bala bantuan dari Jepang adalah rumput laut ini. Radiasi membawa dampak yang sangar berat, rumah yang renovasi paling bahaya untuk orang tua, wanita hamil dan anak-anak, paling sedikit 1/2 tahun kemudian baru boleh ditempati, janganlah meremehkannya. Rumput laut yang telah diolah yang sangat murni dan kecil disebut "Zau Fu Kan" dapat anti radiasi, anti tumor, anti virus, anti oksidasi, meningkatkan daya tahan tubuh, Zao Fu Kan ini adalah satu-satunya yang dapat mencegah radiasi.

Pencegahan radiasi : 1. Makan teh hijau, 2. Konsumsi sayur-sayuran, wortel, 3. Makan rumput laut spiral, 4. Makan Zau Fu Kan.

Internasional memperingatkan, jangan sekali-kali meletakkan alat listrik di dalam kamar, terlebih-lebih microwave sangat membahayakan kita, dalam jarak 7 meter radiasinya dapat menyerang kita. Selain itu, seluruh aliran listrik dinyalakan bersamaan, ya TV, kulkas, Microwave dan Anda memasak disampingnya, bila terserang kanker inilah disebut ketidaktahuan Anda yang membahayakan diri.

Ad. 4. Susu Masam (Yoghurt)
Berfungsi memelihara stabilitas bakteri, membiakan bakteri yang baik dan membasmi bakteri yang jelek dalam tubuh sehingga sulit diserang penyakit. Kita tidak membantah manfaat susu, akan tetapi bila dibandingkan dengan susu asam, perbedaannya jauh sekali.

Ad. 5. Sup Tulang
Mengandung zat yang berfungsi untuk memelihara kondisi tubuh dan memperpanjang umur. Sekarang ini hampir seluruh kota di dunia mempunyai jalan yang khusus menjual sop tulang.

Ad. 6. Sup Jamur
Berfungsi meningkatkan antibody/daya tahan tubuh.

II. OLAH RAGA OKSIGEN
A. Pengalaman yang sangat berprinsip : Jangan sekali-kali latihan di pagi hari, Internasional menganjurkan 45 menit setelah makan adalah waktu yang terbaik. Latihan untuk orang tua cukup berjalan-jalan 20 menit. Bagi yang ingin diet 1/2 - 1 jam sebelum makan konsumsi dulu 2 sampai 4 biji rumput laut, akan menurunkan nafsu makan dan tidak kekurangan gizi.

Orang tua tidak boleh melakukan olah raga berat di pagi hari, pagi hari suhu badan manusia tinggi, tekanan darah tinggi, zat adrenal gland 4 x lipat lebih tinggi dari malam hari, maka orang tua bila olah raga berat, seperti mendaki gunung, berarti mencari ajal sendiri, harus ingat. Tubuh manusia memerlukan alkali rendah, apa itu alkali rendah ? sayur mayur, buah-buahan. Negara maju dan yang rakyatnya sehat selalu banyak konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan.

B. Waktu untuk bangun pagi. Penelitian Internasional adalah jam 6 (ini untuk referensi anda). Saat yang baik untuk membuka jendela adalah jam 9-11. sore jam 2-4, mengapa ? karena setelah jam 9, partikel-partikel buruk di udara mulai menurun, unsure-unsur polusi berkurang. Hati-hati, pagi-pagi buka jendela jangan bernafas dalam, karena banyak zat kanker masuk paru-paru menyebabkan penyakit kanker paru-paru. Internaisonal memperingatkan bahwa pagi antara jam 6-9 adalah saat paling mudah terserang kanker. Pagi-pagi jangan ke hutan, karena malam hari di rumah kita sudah mengisap zat asam arang ke hutan yang penuh zat asam arang lagi, orang yang berpenyakit jantung mudah mendapat masalah dan mudah terserang racun dan kanker, saat ke hutan yang baik adalah saat ada matahari, sinar matahari mengolah zat hijau daun baru dapat menghasilkan oksigen. Kitab "Huang Di Jing" tertulis : "Janganlah olah raga bila tidak ada matahari". Orang tua bila bangun langsung berdiri dan berjalan meninggalkan tempat tidur, mudah terserang penyakit jantung dan meninggal. Pagi hari, orang tua setelah terbangun, tetap berbaring di ranjang 1/2 menit, jangan langsung berdiri, gerakkan tangan kaki, usap-usap jantung duduk satu/dua menit di ranjang, duduk 1/2 menit lagi dengan kaki tergantung di pinggir ranjang baru berdiri, dengan demikian menghindari terjatuh, terserang penyakit jantung dan strok. Jangan meremehkan hal ini, jiwa/kesehatan Anda dapat tertolong dengan gerakan sederhana ini.

Tidur siang. Bila malam hari tidak nyenyak tidur, perlu tidur siang, waktu yang paling baik adalah 1/2 jam setelah makan siang, tidak perlu tutup selimut, cukup tidur 1 jam, tidur siang yang terlalu lama tidak baik untuk tubuh. Waktu untuk tidur malam yang paling baik antara jam 22-22.30, setelah 1 s/d 1 1/2 jam kemudian kita sudah benar-benar dapat nyenyak dari jam 24 s/d 3, ini adalah hal yang sangat ilmiah, walaupun guntur gemuruh juga tidak terbangun, maka keesokan hari Anda akan penuh semangat, kami anjurkan pula sebelum tidur mandi air hangat yang suhunya 40 s/d 50 derajat akan mendapat tidur yang berkualitas.

III. KONDISI PSIKOLOGIS/BATIN
Bila kondisi batin tidak stabil, maka usaha-usaha/factor perawatan yang dijelaskan di atas menjadi sia-sia belaka, ini adalah faktor yang paling penting. Harus diketahui bahwa yang pegang peranan penting dalam tubuh adalah Qi/energi dan darah, bila seseorang emosi/marah maka peredaran darah menjadi lambat dan lama, ini dapat menyebabkan hambatan dan membentuk bekuan darah, bekuan darah ini dapat menjadi tumor. Ingat orang yang emosi/suka marah mudah tumbuh tumor. Ilmiahwan di Universitas Stanford mengadakan uji coba yang sangat terkenal, yaitu meletakkan pipa di hidung peserta uji, lalu letakkan di salju selama 20 menit, bila salju tidak berubah warna, berarti peserta tersebut batinnya tenang tenteram, bila berwarna putih berarti peserta tersebut berperasaan menyesal/bersalah, bila berwarna ungu, berarti peserta sangat emosi/marah. Bila es yang berwarna ungu tersebut disuntikkan ke tubuh tikus, 1 s/d 2 menit kemudian tikus tersebut sudah mati. Bila Anda emosi/marah lebih dari 5 menit, warna darah Anda sudah berubah ungu. Penelitian ini telah memperoleh hadiah Nobel.

Penelitian Psikologi memberikan 5 cara supaya tidak emosi :
1. Menghindari
2. Mengalihkan, bila orang memarahi Anda, Anda pergi main catur, memancing, atau tidak mendengarkan.
3. Melepaskan, dengan berbicara dengan teman-teman karib, jangan memendamkan kekesalan, kejengkelan di hati,
4. Meningkatkan potensi, orang semakin mencemooh Anda, Anda berusaha meningkatkan potensi diri agar lebih baik.
5. Pengendalian, ini adalah cara yang paling penting, bagaimana juga kita diganggu orang, kita tidak terpengaruh, tetap tenang dan santai saja. Kesimpulannya sebenarnya hanyalah "Bersabar dan Berlapang Hati" :

Menurut Internasional bahwa semua binatang tidak dapat ketawa, hanya manusia yang dapat, mengapa kita tidak memanfaatkannya dengan baik ? Akan tetapi kita melihat sapi saat disembelih, bisa menangis mengeluarkan air mata sebagai tanda kesedihannya dan walaupun seluruh badannya telah dipotong sampai sekecil-kecilnya, matanya tetap terbuka, itu tandanya kedendamannya karena tidak rela disembelih dan dimakan.

Membaca informasi terbaru di internet bahwa menurut hasil penelitian Jepang selama delapan tahun terhadap air, menemukan bahwa air mampu membaca dan mendengar, ambil segelas air, lalu ditulis kata "Cinta Kasih" atau kata-kata lain yang bersifat baik, letakkan dekat air tersebut kira-kira 10 s/d 15 menit, lalu melihat air tersebut di bawah miskoskop, molekul-molekul air tersebut berbentuk kristal-kristal yang sangat indah; lalu bila ditulis kata-kata kasar, seperti "benci", maka bentuk kristal air tersebut berubah juga menjadi jelek; bila mengumandangkan musik yang harmonis/klasik, bentuk kristal air mampu membaca dan mendengar. Hal ini bila dikaitkan dengan kondisi marah/emosi manusia ( 70 % tubuh manusia terdiri dari air ), maka sangatlah logis mengapa orang yang marah mudah terserang tumor dan seperti juga keterangan di atas tentang makanan berjiwa, sapi adalah binatang yang paling berperasaan, daging sapi yang pertama dipilih untuk tidak dikonsumsi, karena saat disembelih, perasaan dendam, takutnya sangat kuat, maka air/darahnya berubah jadi racun yang sangat berbahaya menyusup ke dalam dagingnya, coba renungkan apa yang anda makan ?

Di Amerika berdiri 1 asosiasi "Bersenyum", "Tertawa", sudah menjadi lambang kesehatan. Manfaat ketawa : dapat menghindari penyakit migran, bila sakit migran ketawalah maka akan sembuh: Sakit punggung, karena saat ketawa peredaran Qi dan darah lancer, tidak menderita impotent ; daya reproduksi tidak menurun; saluran nafas dan saluran pencernaan sangat baik; tidak sembelit/tidak terserang kanker lambung dan usus; tidak terserang radang sendi. Kita selalu olah raga badan, kaki, lengan, kapan olah raga untuk usus dan lambung ? hanya dengan cara ketawa dapat melatih usus dan lambung. Hadiah Nobel kedua telah diumumkan, untuk penemuan bahwa ketawa dapat memproduksi embrio otak yang berfungsi sebagai zat bius alami. Ingat senyuman Anda adalah juga hadiah yang sangat berharga untuk orang lain.

Para pakar dalam seminar Internaisional telah menasehati teh hijau, tidur sesuai aturannya, sering olah raga sesuai kondisi diri, stabilitasi kondisi batin. Saat senang/lucu ya ketawalah, saat sedih ya keluarlah air mata, perhatikan kestabilan makanan minuman, maka kita pasti dapat hidup melampui umur 73 tahun, 80 tahun, 90 tahun dan masih tetap hidup sehat wal a 'fiat di umur 100 tahun dan seterusnya.

0 comments: