Tips menjadi Seller OS yang baik

Jumat, 10 Desember 2010
- Bersikap ramah dan sabar serta rendah hati
tipe buyer yang dihadapi itu sangat beraneka ragam, jadi berusaha pahamilah
mereka dan ajarkan mereka dengan sikap baik anda dalam melayani calon customer/
customer/client dengan pelayanan yang sempurna dari awal hingga akhir, demi
kepuasan calon customer/customer/client anda.

- Memberikan pelayanan dan respon yang cepat
semakin anda memberikan pelayanan dengan respon yang cepat, customer anda akan
senang, karena calon customer/customer/client tidak senang menunggu. Sediakan
waktu dan belajarlah untuk gerak cepat dengan benar.

- Memiliki etika bisnis yang baik
tidak melakukan spam, mencuri customer dari seller lain, menjelekkan/menjatuhkan
seller pesaing anda, menjaga hubungan jangka panjang, menjaga rahasia dan
data customer, selalu mengingat customer kita yang pernah membeli

- cepat tanggap dalam konfirmasi hubungan transaksi antara seller dan buyer
pada saat order dan terjadi transaksi, hubungan komunikasi dijaga agar lancar
tidak ada miss komunikasi diantara seller dan buyer dari awal hingga akhir.
Jika terjadi kesalahpahaman segera perbaiki. Dengan adanya feedback konfirmasi
yang cepat tanggap customer merasa tenang dan aman. Pahami jika anda berada di
pihak sebagai buyer.

- Pengiriman yang tepat waktu dan jelas
Setelah transaksi dan pembayaran selesai, beritahukan bukti no resi pengiriman
yang dapat di cek secara online, packaging yang baik, pemberitahuan kapan pengiriman
dilakukan dan berapa hari dapat diterima oleh customer dengan baik.

- Memiliki sopan santun
bertutur kata yang sopan dari awal hingga akhir, layani customer dengan baik
dan katakan terima kasih sebagai tanda bahwa kita menghargai customer yang telah
memilih os kita untuk berbelanja.

- Selalu menjaga nama baik OS di mata buyer
bisnis online itu tidak beda dengan bisnis offline hanya saja di dunia maya
tidak saling melihat 1 sama lain (kecuali menggunakan webcam hehe), oleh karena
itu nama baik itu penting, jagalah nama baik anda demi calon customer/newbies, mempertahankan
customer anda, serta demi perkembangan os anda di masa yang akan datang. Jangan
pernah menipu customer anda. Walaupun ada yang sirik ingin menjatuhkan anda di belakang
, tetaplah yakin bahwa bisnis ol yang anda jalankan dan nama baik anda tetap terjaga,
persaingan semakin ketat, tidak jarang banyak terjadi persaingan tidak sehat. Jadilah contoh
orang yang yakin dengan bisnis osnya. orang yang baik pasti ada jalan dan dijaga oleh mereka
yang baik. Tuhan tidaklah buta.

- Memberikan gift / diskon sebagai tanda terima kasih
Memberikan souvenir / hadiah kecil-kecilan dapat membuat customer anda tersenyum,
apalagi ditambah diskon :)

- Jujur tidak ada unsur penipuan
Janganlah menipu, khususnya bagi mereka buyer yang newbies yang buta dengan
kata-kata marketing dengan iklan wah serta barang elektro yang murmer, janganlah
menipu akan merusak nama baik anda dan menambah karma buruk anda. Hukum karma itu
bagaikan gema, bukanlah sesuatu yang buruk bisa dilakukan dengan kebaikan akan
mengurangi karma buruk kita. baik dapat baik, buruk dapat buruk semua itu terpisah.
contoh :
kita menipu customer kita dengan menjual HP BM onyx cuma 1 juta, lalu customer beli
tapi seller kabur setelah menerima uang tersebut. Walaupun terjadi karena kebodohan
customer, tetap seller yang menipu menanam karma buruk, jika ia pikir uang 1 juta
yang diambil 800rb untuk dirinya dan 200rb untuk disumbangkan, atau 500rb untuk
dirinya 500rb untuk disumbangkan, bahkan bertobat 1jt disumbangkan, hal itu tidak
membuat dirinya lepas dari hukum karma. uang yang disumbangkan bukan uang yang hala,
tidak ada pahala di dalamnya, tetapi ia akan tetap kehilangan suatu hari uang dengan
jumlah yang sama kemudian orang yang mencuri uang darinya akan melakukan hal yang sama.
pahamkah? Jika anda mencuri dari customer anda 1 juta, jika anda bertobat kembalikan
uang itu kepada orang yang anda tipu. Maka hutang anda lunas yang sebenarnya.

- Informasi produk selengkap-lengkapnya
berikan informasi produk disertai gambar lebih baik dengan harga yang ditawarkan,
jika tidak ada harga berikan pilihan SMS or CALL. Jangan CALL saja, terkesan anda
seperti menganggap diri anda seller yang penting (anggapan yang call itu yang benar
niat beli). Customer itu raja/ratu selama uang ada di tangan mereka, jika uang di tangan
seller kedudukan barulah berubah. Hargai mereka seperti anda membeli produk dan
meminta penjelasan produk sejelas-jelasnya.

- Memberikan harga yang bersaing sesuai dengan kualitas dan kelangkaan produk
bisnis online makin pesat dan persaingan makin sangar, saling menjatuhkan harga
bukanlah bisnis yang sehat, apa bedanya jika kita memiliki produk yang tadinya
bisa untung 25.000 dengan barang yang harganya dijatuhkan dan terjual 5 dengan
untung 25.000, 1 produk untung 25rb = 5 produk untung 25rb. Kuantitas penjualan
bertambah, omzet bertambah tapi keuntungan omzet sama saja? Jualah produk dengan
insting bisnis anda, berikan harga yang sesuai dengan kualitas serta kelangkaan
produk. Jangan membuat susah bisnis anda sendiri dengan pesaing-pesaing anda
yang belum tentu itu penjual sebenarnya.

- Meminta dengan baik mengenai saran dan kritik yang membangun setelah membeli
produk dan menerima produk tersebut.

setelah semua selesai, alangkah baiknya jika kita menawarkan customer untuk
bersuara mengenai os kita. Berikan hak suara jujur dari mereka karena ini demi
kelangsungan os kita juga di mata para newbies.

- Mudah dihubungi baik SMS / CALL / via FB / via YM / via telepon
berikan kontak yang mudah dihubungi khusus bisnis anda.

- Berikan waktu tenggang pembayaran
berikan mereka waktu tenggang pembayaran, janganlah terburu-buru serta
memaksakan mereka.

- Jadikan teman anda / sahabat anda suatu hari nanti
dunia itu luas, walaupun makin hari manusia makin individualis di balik sebagai makhluk
sosial, jadilah teman dan sahabat mereka karena mungkin ke depannya kita dapat bekerjasama
untuk os yang lebih baik ke depannya. teman / sahabat yang menguntungkan 1 sama lain
lebih baik, juga baik yang tidak menguntungkan kita, asal tidak merugikan :)

Sumber : Griya Lestari

0 comments: