Menghindari Penipuan Online Shop

Selasa, 04 Oktober 2011

Anda suka berbelanja online, baik itu melalui facebook, multiply, tokobagus, forum fjb, dan sebagainya? Anda mungkin pernah atau bahkan sering menemukan mereka yang tertipu berbelanja online. Sudah mentransfer jutaan rupiah, ternyata barang yang diidamkan tidak kunjung datang.

Mau lapor polisi juga percuma, salah-salah, bukan penipunya yang ditangkap, tapi justru pelapor yang ditangkap karna dituduh sebagai penadah barang black market. Akhirnya hanya bisa mengelus dada sambil menangis. Stress? Pasti! Siapa yang rela kehilangan jutaan rupiah begitu aja? Nah, bagi anda para buyer online, saya ingin berbagi informasi dengan anda bagaimana supaya anda menghindar dari tindak penipuan online shop bodong.

REPUTASI ADALAH YANG PERTAMA
Carilah online shop yang sudah memiliki reputasi. Walau reputasi tidak pernah menjamin mereka tidak akan menipu. Tetapi biasanya, penjual yang memiliki reputasi baik sudah memiliki banyak testimonial dari konsumen yang pernah membeli barang darinya. Terkadang mereka berpikir kesekian kalinya untuk menipu :)

TANYAKAN KEPADA BUYER
Coba lihat testimonial penjual. Pilihlah 3-5 orang secara acak untuk anda hubungi. Caranya mudah, kalau anda belanja di facebook, gunakan fasilitas Message/inbox. Jika anda belanja di forum, gunakan fasilitas private message. Tanyakan tentang penjual tersebut, bagaimana pengiriman barang, bagaimana dengan respon penjual ketika kita menanyakan sesuatu.

HARGA SUPER MURAH = MAKAN MALAM UNTUK PENIPU
iPhone 4 yang seharusnya berharga 6,5 s/d 7 juta dijual dengan harga 3,5 juta. Wow.. siapa yang tidak tergiur dengan angka tersebut? Dan ketika anda sudah tergiur dengan angka tersebut, mata anda buta, hati anda ikutan buta. Bahkan anda sudah mati rasa. Yang ada di pikiran anda hanyalah, anda harus cepat2 mentransfer supaya iphonenya bisa anda pakai.

Harga murah bisa saja, tapi kalau anda menemukan harga murah seperti contoh diatas, dan anda percaya, ada dua kemungkinan, barang datang atau uang anda hilang.

Logikanya, perbedaan barang BM dan bukan BM relatif murah. Berdasarkan pengalaman saya, antara 500rb - 700rb. Lebih dari itu anda wajib waspada. Ada lagi yang unik, untuk menyakinkan anda, mereka memasang harga lebih mahal.Misalnya Storm 9500 dijual dengan harga 2.8 Juta!? padahal harga normal Storm 9500 saat ini adalah 2 Juta Rupiah. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membandingkan harga dengan toko online lainnya. Situs jual beli online tidak hanya FB dan FJB :)

CASH ON DELIVERY
Penjual yang jujur adalah penjual yang memberikan salah satu opsi ini kepada buyernya. Beberapa penjual hanya mau COD di wilayah yang dekat dengan rumah/tokonya. Anda sebagai pembeli, jika menginginkan rasa aman, berkobanlah sedikit. Datangi tempat dimana penjual bisa melakukan COD. Kalau anda membeli barang original, penjual tidak akan keberatan melakukan COD kok. Kecuali anda membeli barang BM, penjual akan takut COD, takut ketangkep. Hehe.. Makanya jangan beli barang BM!! For Some Reason, saya lebih memilih membeli barang BM, bukan karena saya menghindar untuk membayar pajak, trust me, setiap bulan gaji saya sudah dipotong untuk pajak.

After sales ketika barang mengalami kerusakan oleh mereka yang menyediakan barang bergaransi masih jauh dari harapan memuaskan jika tidak dibilang baik. Mungkin cuma pengalaman pribadi.

REKENING BERSAMA TIDAK MUTLAK
Keberadaan rekening bersama memang baik sebagai pihak ketiga yang dipercaya sebagai ‘jembatan’ antara buyer dan seller. Namun ini tidak mutlak, kenapa? Karena uang penjual akan tertahan di pihak rekening bersama selama beberapa hari, dan itu berarti KERUGIAN PENJUAL. Seharusnya dengan uang tersebut bisa untuk menambah stok, tetapi harus tertahan di pihak rekening bersama.

SAYA DILUAR KOTA, GIMANA DONG?
Ada sebuah layanan yang bernama: Perantara COD. Artinya, anda mengirimkan sejumlah uang ke perantara COD, lalu sang perantara akan melakukan COD dengan penjual, melakukan pengecekan barang, dan kemudian mengirimkan via JNE/TIKI/dsb kepada anda. Dana anda dijamin aman, barang anda dijamin sesuai dengan harapan.

Tetapi berhati-hati, penyedia rekening bersama dan perantara cod pun banyak sekali yang menipu. Untuk itu perhatikan 2 point pertama yang saya sebutkan diatas.

Selain hal diatas, berikut ada tips tambahan :

1. Perhatikan No contact si penjual. Jika no contact sedikit rapi dan angka yang cantik jarang terjadinya penipuan.

2. Lihat no.rekening si penjual. Angka yang rapi menambah kerugian jika dia berniat untuk menipu.

3. Google no HP yang diberikan dan no.rekening si penjual, apakah ada keanehan.

4. Jangan pernah tergiur membeli barang murah dan mengharapkan kualitas yang bagus.

5. Perbedaan antara membeli barang online dengan membeli offline, terkadang hanya 50rb rupiah. Jika hanya berbeda sekian rupiah, kenapa harus membeli online ? Tinggal bagaimana sisi kreatif anda muncul untuk mencari harga yang murah, berkualitas, dan penjual yang bersahabat.

sumber : http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/06/14/menghindari-penipuan-online-shop/

0 comments: