Membedakan Nintendo DS Lite Original dengan Reforbish atau Rekondisi

Sabtu, 27 Juni 2009


Nintendo DS

Saat ini sudah banyak beredar mesin Nintendo DS. Namun tanpa disadari apabila kita tidak cermat dan teliti, kita bisa tertipu membali mesin Nintendo DS reforbish atau rekondisi. Sebelum membeli, ada baiknya terlebih dahulu kita teliti terhadap barang yang kita beli. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mesin Nintendo DS.

1. Serial Number Mesin



Serial Number Nintendo DS

Salah satu yang paling mudah untuk diteliti adalah serial number mesin Nintendo DS. Perhatikan serial number yang tertera di belakang mesin, kemudian samakan dengan serial number yang ada di box ataupun manual book. Apabila tidak ada di box maupun manual book bisa dipastikan bahwa mesin yang Anda beli adalah reforbis. Tetapi stiker ini pun tetap bisa dipalsukan. Biasanya serial number yang palsu memiliki stiker yang kurang rapi dan cetakan yang tidak tajam.

2. Chasing Plastik



Ilustrasi Nintendo DS bergambar

Sebenarnya ciri ini juga mudah untuk dideteksi. Barang-barang bajakan biasanya memiliki casing produk yang terlihat tipis dan tidak rapi, selain itu posisi menutupnya terkadang juga tidak rapat. Nintendo adalah perusahaan yang menjunjung tinggi kualitas barang. Saya rasa anda pun dapat melihat ini secara sekilas. Yang jelas Nintendo tidak pernah mengeluarkan mesin Nintendo DS dengan corak casing bergambar. Di Indonesia sering kita temui mesin Nintendo DS dijual sudah dengan corak mulai dari Pokemon, Gundam, sampai Doraemon. Sudah bisa dipastikan ciri seperti ini adalah reforbis atau rekondisi.

3. Stylus



Stylus NDS

Nintendo selalu memberikan dua buah stylus. Yang satu terpasang di mesin, dan yang satu sebagai cadangan. Perlu diperhatikan pula bahwa pack yang asli menyertakan stylus dengan logo Nintendo. Anda juga dapat mencermati logo Nintendo yang terdapat pada stlylus, apakah cetakannya rapi atau tidak. Kalau Anda mendapatkan stylus hanya satu atau cetakannya tidak rapi, maka Anda harus waspada dalam membeli.

4. Manual Book

Ingat, Nintendo tidak pernah memberikan manual book dalam bentuk foto kopi. Hal ini jelas sekali dapat dibedakan. Perhatikan cetakan manual book, apakah terbuat dari kertas tipis ataupun cetakannya tidak rapi.

5. Charger



Perlengkapan NDS

Ini yang agak susah, mengingat Nintendo mengeluarkan beberapa versi pack mesin. Charger yang asli biasanya berwarna abu-abu dan dengan bentuk colokan pipih (mode Jepang) bukan bulat. Dan apabila bulat maka perhatikan cetakan huruf-huruf yang terdapat pada charger apakah rapi atau tidak. Terkadang akan ditemui mendapatkan charger dengan dua port keluaran, satu pipih seperti USB dan satu lagi kecil seperti colokan pada Game Boy Advance. Biasanya pihak yang melakukan rekondisi menggunakan charger model ini dengan dalih bisa digunakan di dua macam mesin yaitu Nintendo DS dan Game Boy Advance.

Pengalaman yang aku alami di lapangan, sering penjual menawarkan Nintendo DS dengan harga (lebih) miring. Terpaut sekitar 100-200rb tanpa memberitahukan apakah mesin yang ditawarkan original atau tidak. Dan lebih gawatnya lagi pernah ditawarkan dengan harga yang sama dengan original dengan iming-iming lebih seperti casing mika, anti gores, maupun tas NDS. Tak jarang juga ditawarkan versi bergambar yang terlihat lebih menarik, namun itu cukup sekilas.

Pernah juga pengalaman menanyakan di toko-toko elektronik, mereka mengatakan mana barang yang mereka jual original dan yang rekondisi/reforbis. Dan terpaut harganya cukup jauh yaitu sampai dengan 400rb.

Oleh karena itu cobalah untuk lebih teliti sebelum membeli.

Sumber : http://www.deniar.net/membedakan-nds-lite-original-reforbish/

0 comments: